MEMBEDAKAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
MEMBEDAKAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Kalian tentu pernah
melihat iklan maupun poster yang ditayangkan di televisi maupun billboard yang
ada dipinggir jalan, dan seringkali tayangan tersebut mencuri perhatian dengan
Bahasa atau slogan yang menarik. Tapi, pernahkah kalian bertanya-tanya, kira-kira
apa ya yang membedakan itu semua? Apa itu iklan, slogan, ataupun poster?
Berdasarkan kamus besar
Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk
khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan,
pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang
di dalam media massa baik surat kabar dan majalah ataupun di tempat lainnya.
Iklan sebagai media
persuasif sehingga berfungsi sebagai pengingat yang dapat membuat masyarakat
ingat terhadap barang atau jasa yang di iklankan. Tapi tidak menutup
kemungkinan, sebuah iklan tidak menawarkan barang atau jasa. Bisa saja sebuah
iklan memberikan informasi persuasif agar pembaca atau pendengar mengikuti
keinginan penulis iklan.
Sedangkan pengertian
slogan sering diketahui sebagai kata-kata singkat yang menarik. Menurut definisinya,
slogan adalah kata atau kalimat pendek yang menarik serta mudah di ingat
sebagai dasar atau prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya.
Contoh slogan, “orang
bijak taat pajak”. Ini adalah slogan dari institusi pemerintah yang menangani
masalah pajak. Diharapkan dengan adanya slogan ini masyarakat diajak untuk taat
membayar pajak.
Slogan sendiri memiliki
beberapa fungsi yaitu, untuk memacu semangat atau motivasi, untuk memengaruhi
orang lain melakukan atau tidak melakukan sesuatu, untuk mendidik masyarakat,
maupun dorongan sebagai cita-cita.
Untuk yang terakhir,
poster merupakan plakat yang terdiri dari kata-kata dan gambar yang
memberitahukan suatu ide dan hal penting terhadap masyarakat. Poster mirip
dengan iklan dan pada umumnya poster akan di buat singkat, padat, dan jelas
dengan model semenarik mungkin.
Poster yang baik dan
menarik memadukan gambar dan kata-kata. Poster bisa kita jumpai di
tempat-tempat umum dan sering di tempel pada dinding-dinding aula, tembok-tembok
pasar, atau tempat lainnya.
Berdasarkan fungsinya,
baik iklan, slogan, maupun poster adalah sama-sama ingin mempengaruhi,
mengajak, atau membujuk khalayak atau masyarakat. Dimana, ada 3 fungsi utamanya
yaitu fungsi informasional (biasanya terdapat pada iklan barang dan jasa yang
sifatnya komersil), fungsi transformasional (terdapat pada iklan layanan
masyarakat), fungsi remainder atau pengingat agar konsumen selalu menggunakan
produk atau jasa ikan tersebut.
UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Dari penjelasan
sebelumnya, kita sudah tahu pengertian dan fungsi dari iklan, slogan, dan
poster. Sedangkan penjelasan unsur-unsur yang ada pada ketiga hal tersebut
yaitu:
Iklan adalah teks
persuasif yang menghadirkan perpaduan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan
suara
Slogan adalah teks
persuasif yang memprioritaskan unsur kata-kata
Poster adalah teks
persuasif yang memprioritaskan gambar dan kata-kata yang dipajang di
tempat-tempat umum.
Komentar
Posting Komentar