TEKS EKSPOSISI - MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TENTANG TEKS EKSPOSISI

 TEKS EKSPOSISI

MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TENTANG TEKS EKSPOSISI

Pada era modern ini, informasi yang kita dapatkan sangatlah melimpah. Bahkan, kita telah disuguhkan dengan segudang informasi setiap harinya. Informasi yang baik yaitu informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Sebuah informasi mudah dipahami pembaca jika ditulis dengan kaidah bahasa yang baik dan benar. Salah satu kaidah bahasa yang digunakan dalam menjelaskan informasi tertentu adalah teks eksposisi.

Hal ini dikarenakan model teks eksposisi ditulis dengan struktur yang singkat, padat, dan jelas sehingga dapat mudah dipahami oleh pembaca.

JENIS-JENIS TEKS EKSPOSISI

Teks eksposisi mempunyai beragam jenis berdasarkan penggunaanya. Berikut jenis-jenis teks eksposisi.

  1. Teks eksposisi definisi
    Teks eksposisi definisi menjelaskan objek atau fenomena dengan fokus pada karakteristik tertentu.
  2. Teks eksposisi ilustrasi
    Teks eksposisi ilustrasi menjelaskan dengan mengilustrasikan atau menggambarkan suatu hal.
  3. Teks eksposisi proses
    Teks eksposisi proses menjelaskan proses (tahapan-tahapan) dalam melakukan sesuatu.
  4. Teks eksposisi berita
    Teks eksposisi berita menjelaskan mengenai fenomena atau kejadian tertentu.
  5. Teks eksposisi perbandingan
    Teks eksposisi perbandingan menjelaskan ide dengan cara membandingkan sesuatu.
  6. Teks eksposisi pertentangan
    Teks eksposisi pertentangan menjelaskan suatu pertentangan.
  7. Teks eksposisi analisis
    Teks eksposisi analisis mengidentifikasi gagasan utama menjadi per-sub bagian lalu dikembangkan secara berurutan.
  8. Teks eksposisi klasifikasi
    Teks eksposisi klasifikasi menjelaskan pembagian atau pengelompokan ke dalam kategori tertentu.

CONTOH TEKS EKSPOSISI DI BIDANG PENDIDIKAN

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia



Tesis: 

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan.Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang

Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan. Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.


Untuk memahami karakteristik teks eksposisi, kerjakanlah tugas berikut dengan mengikuti petunjuk pada setiap nomor soal!

1. Teks Eksposisi merupakan teks yang bertujuan memberitahukan, menerangkan, menguraikan, dan mengupas sesuatu tanpa maksud mempengaruhi pembaca. Jadi tujuan utamanya adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu ilmu pengetahuan. 

Jelaskan informasi apa yang diterangkan atau diuraikan pada teks di atas!

2. Mengapa teks tersebut dikategorikan sebagai teks eksposisi?

3. Apa tujuan penulisan teks eksposisi di atas?

4. Tulislah gagasan yang disampaikan pada bagian argumentasi padasetiap paragrafnya!

5. Berikan contoh kalimat fakta yang ada dalam teks eksposisi tersebut!

Silakan tugas dikerjakan di buku tugas dengan menuliskan soal di dalamnya! Tugas dikirim dalam bentuk foto ke email bahasasastrakita@gmail.com. Silakan bagi yang sudah mengerjakan bisa konfirmasi ke Bu Wahyu melalui WA. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKA TEKI SILANG TEKS EKSPOSISI

TEKS PUISI