KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN
Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
1. Berupa Kalimat Slogan
Agar teks iklan dapat diingat baik oleh orang-orang yang melihat atau mendengarnya, akan lebih baiknya menyertakan slogan di iklan sebagai ciri atau pembeda dari iklan yang lain sehingga iklan terlihat lebih unik.
Slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat.
- Lebih baik mencegah, daripada mengobati
- Sholat lah kalian, sebelum kalian disholatkan
- Matikan rokok, sebelum rokok mematikan Anda
2. Kalimat Persuasif (Membujuk)
Sebuah iklan akan sangat efektif apabila kalimat yang digunakan dapat membujuk atau membuat orang tertarik untuk membeli atau menikmati produk yang ditawarkan.
Untuk pembuatan sebuah iklan yang bagus, kamu perlu memperhatikan hal berikut:
- Hindari kata : “top, gratis, paling, nomor satu, dan awalan ter”.
- Iklan dapat berupa kalimat : “kalimat seruan, kalimat persilaan, berita, kalimat ajakan, perintah, dan kalimat larangan”
Pahami berbagai kalimat berikut untuk membuat teks iklan yang baik
- Kalimat Persilaan yaitu kalimat perintah yang halus, contohnya “silahkan beli di…“
- Kalimat Perintah biasanya di tandai dengan partikel “lah“, contohnya “belilah produk murah ini“
- Kalimat Ajakan biasanya ditandai dengan kata “mohon, tolong, ayo“, contohnya “mohon perhatikan label nya“
- Kalimat Seruan adalah ungkapan yang mendadak, contohnya : “wah….“
- Kalimat Larangan adalah kalimat yang melarang, umumnya kata yang sering muncul “jangan!“
3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
1. Teks iklan biasanya
menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan
kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan
pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.
Contoh
Teks Iklan Produk
4. Menggunakan Kata Aksi
Kata aksi adalah kata yang berupa perintah untuk melakukan seperti yang dikehendaki iklan. Contoh: DAPATKAN, BIKMATILAH, HADIRILAH.
5. Penggunaan Singkatan
Penggunaan singkatan ini biasa digunakan dalam iklan baris untuk menghemat kata-kata yang tertuang di dalamnya.
6. Permainan Bunyi Bhaasa
Permainan Bunyi Bahasa biasanya muncul di iklan elektronik untuk memperindah tatanan kata yang diucapkan oleh pengiklan.
7. Penggunaan Gaya Bahasa
Gaya bahasa digunakan untuk mengungkapkan maksud iklan secara tidak langsung.
CIRI-CIRI BAHASA TEKS IKLAN
- Bahasa yang digunakan bisa mempengaruhi pikiran orang / membuat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk.
- Mengenalkan serta menjelaskan produk barang atau jasa kepada masyarakat
- Menggunakan kalimat fakta dan opini.
Komentar
Posting Komentar