IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

A.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat banggadan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.3.1   Menjelaskan pengertian teks iklan, slogan, dan poster.

3.3.2   Menelaah unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster.

3.3.3   Membedakan unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster.

4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.

4.3.1 Menyimpulkan maksud suatu iklan, slogan, poster

4.3.2 Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster.


IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER 

 

Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster

Iklan merupakan kegiatan untuk membujuk, mengajak, mengimbau, dan mendorong kepada khalayak ramai agar memiliki, menggunakan, atau mematuhi iklan yang disampaikan.

Fungsi Iklan:

      Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa

      Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

      Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

      Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi

 

Contoh 1
 
 
   Contoh 2

                                     

Contoh 3

Slogan adalah kalimat ajakan yang bersifat persuasif (mempengaruhi) agar pembaca turut mengikuti visi dan misi tertentu.  Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Jenis-jenis slogan:

       1. Slogan pendidikan

       2. Slogan kesehatan

       3. Slogan motivasi

       4. Slogan lingkungan hidup



             Contoh 1

 

               Contoh 2

  


 

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum, misalnya dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat umum lainnya.

Tujuan dari Poster yakni untuk memberi kan Informasi berupa ajakan dengan kata kata yang singkat padat jelas juga menarik. Kata kata pada Poster ini berupa ajakan kepada seseorang atau sekumpulan orang.

 

Jenis-jenis poster:

       1. Poster niaga: isinya menjual dan promosi.

       2. Poster kegiatan: isinya informasi kegiatan.

       3. Poster pendidikan: isinya mendidik masyarakat.

       4. Poster layanan masyarakat..

Fungsi Poster agar yang membacanya tertarik melakukan sesuatu hal yang telah dikemas semenarik mungkin dan pembaca turut berpartisipasi di dalamnya


Contoh 1



      Contoh 2
 
Contoh 3
 
 
Contoh 4

Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster:

  1. Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
  2. Slogan merupakan teks persuasif yang mengutamakan unsur kata-kata dan juga suara.
  3. Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata.

 

Unsur Pembentuk Iklan:

  1. Sumber: pemasang iklan, yang berinisiatif, dan pemberi dana dari pemasangan suatu iklan.
  2. Pesan: informasi yang disampaikan (pesan verbal dan pesan nonverbal).
  3. Media: sarana yang digunakan.
  4. Penerima: sasaran iklan.
  5. Efek: perubahan yang terjadi pada penerima.
  6. Umpan balik: tanggapan, reaksi, dan respon dari penerima pesan. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKA TEKI SILANG TEKS EKSPOSISI

TEKS EKSPOSISI - MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TENTANG TEKS EKSPOSISI

TEKS PUISI