MENYIMPULKAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

 Menyimpulkan Teks Iklan

Untuk menyimpulkan pesan dan informasi dalam iklan dapat dilakukan dengan menceritakan kembali teks iklan tersebut dengan Bahasa yang mudah dipahami baik secara tulisan maupun lisan. Tujuannya, agar pembaca maupun pendengar dapat memahami isi dan pesan iklan kemudian menyimpulkannya sehingga bisa mengambil keputusan terkait informasi yang diberikan iklan.

Dibandingkan dengan teks lainnya, maka iklan merupakan teks yang ringkas, padat, dan penuh makna. Hal ini terkait dengan ruang yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang yang diperlukan untuk penayangan, semakin besar biayanya. Oleh karena itu, kata-kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya, sehingga perlu menghindari kata-kata ataupun ilustrasi yang tidak perlu karena akan menghabiskan biaya lebih besar.

Contoh Cara Menyimpulkan Iklan

Berdasarkan iklan tersebut, simpulan yang dapat kita ambil adalah …

a. Iklan tersebut adalah iklan penawaran yang bertujuan untuk menawarkan kepada masyarakat tentang penghematan air. Respon yang diharapkan adalah tindakan masyarakat untuk melakukan penghematan terhadap air ketika sedang mencuci pakaian.

b. Iklan tersebut adalah iklan pemberitahuan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang penghematan air. Respon yang diharapkan adalah tindakan masyarakat untuk melakukan penghematan terhadap air ketika sedang mencuci pakaian.


c. Iklan tersebut termasuk ke dalam kategori iklan atau poster transformasional yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dan mengubah gaya hidup masyarakat tentang perlunya menghemat air. Respon yang diharapkan adalah tindakan masyarakat untuk melakukan penghematan terhadap air ketika sedang mencucui pakaian.


d. Iklan tersebut termasuk ke dalam kategori iklan atau poster informasional yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang penghematan air. Respon yang diharapkan adalah tindakan masyarakat untuk melakukan penghematan terhadap air ketika sedang mencuci pakaian.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKA TEKI SILANG TEKS EKSPOSISI

JENIS-JENIS PUISI

MACAM-MACAM MAJAS DALAM PUISI